Lintas Tobelo

Foto saya
Tobelo, Maluku Utara, Indonesia
Lintas Tobelo merupakan Blog khusus dengan berita-berita seputar Tobelo. Lintas Tobelo : Dengan para penulis berita yaitu gabungan dari teman-teman wartawan yang ada dan bertugas di Tobelo. Lintas Tobelo adalah khusus untuk berita-berita seputar Tobelo yang pada akhirnya dapat di akses secara on line. Wartawan Lintas Tobelo : 1. Max 2. Jefry 3. Deddy 4. Yeyen 5. Agung 6. Ical 7. Fahrul 8. Amir 9. Ferdy 10.Matox 11.Fantri

Selasa, Februari 22, 2011

Februari 2011


UMAT KONHUCU SERUKAN PERDAMAIN DI JAZIRAH HIBUALAMO

   Momentum Tahun Baru Imlek 2562 yaitu Chinese New Year, yang setiap tahun dilakukan, maka umat Konhucu Halmahera Utara juga menginginkan perdamain di Hibualamo. Melalui tahun baru Imlek yang telah digelar beberapa waktu lalu. Umat Konhucu di Halut tidak melakukan acara besar-besaran, hanya dibuat sederhana tidak seperti daerah-daerah lain,yang melakukan acara-acara besar  seperti di Jawa, Medan, Manado, Ternate. 

Dapat dimaklumilah bila perayaannya pun agak eksklusif. Dalam acara ini, hanya  diundang beberapa kalangan umat Konhucu, seperti di  keluarga San Marino, untuk merayakan hari raya Imlek, karena berkaitan dengan umat Konhucu  tidak seberapa banyak di Hibualamo.

Menurut Drg. Irwanto Tandaan, selaku Ketua Paguyuban Tionghoa di Halut,saat ditemui Tobelo Pos, di sela-sela kesibukan melayani pasien,  di tempat prakteknya di Apotik Citra Farma, Jl. Kemakmuran, Sabtu, (12/02) malam, mengatakan “kali ini atau tahun ini umat  Paguyuban Tionghoa di sini dalam merayakannya sepertinya kurang semarak, karena berkaitan dengan jumlah umat Tionghoa di Hibua Lamo tidak seberapa yaitu tinggal 7 KK, yang selebihnya sudah beragama Kristen”, katanya.

Karena itu tahun yang akan datang akan ada persiapan-persiapan tahun baru Imlek dari para umat Tionghoa di Tobelo, persiapan  yang lebih terkoordinir, sehingga persiapan menyambut hari raya Imlek lebih baik dan semarak dalam menyambut tahun baru Imlek. ”Persiapan itu seperti lampu-lampu lampion, pernik-pernik dan embel-embel lainnya”, kata Irwanto.

  Irwanto menambahkan, melalui momentum tahun baru imlek, Ia menyerukan perdamaian kepada umat beragama di Halut, lebih khususnya di negeri Hibualamo ini. Sebab semua umat beragama punya keinginan yang sama, yakni jalani hidup dengan aman dan rasa damai, satu dengan yang lain.  

        Dalam menyambut  perayaan hari raya Imlek ke depan, dan juga bukan hari raya Imlek saja tetapi juga hari-hari besar agama lainnya yang ada di Halut. ”seperti memberikan suatu ucapan selamat maka Paguyuban-Paguyuban Tionghoa di Tobelo, lebih khususnya di jazirah Hibualamo semakin  hari, semakin kompak”, tutupnya.(fantri)

Tidak ada komentar: