Lintas Tobelo

Foto saya
Tobelo, Maluku Utara, Indonesia
Lintas Tobelo merupakan Blog khusus dengan berita-berita seputar Tobelo. Lintas Tobelo : Dengan para penulis berita yaitu gabungan dari teman-teman wartawan yang ada dan bertugas di Tobelo. Lintas Tobelo adalah khusus untuk berita-berita seputar Tobelo yang pada akhirnya dapat di akses secara on line. Wartawan Lintas Tobelo : 1. Max 2. Jefry 3. Deddy 4. Yeyen 5. Agung 6. Ical 7. Fahrul 8. Amir 9. Ferdy 10.Matox 11.Fantri

Jumat, April 01, 2011

MERUBAH TARAF HIDUP MASYARAKAT, DENGAN POHON NILAM



Kamis, 31 Maret 2011




Melihat  begitu banyak anak di Halmahera Utara yang putus sekolah oleh karena factor ekonomi. Maka  kiranya perlu ada perubahan taraf hidup masyarakat. 

Untuk merubah taraf hidup masyarakat, Yoris Himo, mantan anggota komisi III DPR provinsi tahun 2004 ini, merasa prihatin dan kemudian membuka satu badan usaha koperasi pada tahun 2008. Awal pengembangan koperasi ini di bidang etanol. Namun ini tidak berjalan lama,  kerena melihat hanya beberapa masyarakat tertentu yang mempunyai pohon seho. Maka pada tahun 2009,  koperasi ini pun beralih usaha ke bidang lain, yakni pengembangan pohon nilam. Karena menurut Yoris, Nilam adalah satu satu komoditi yang tepat,  yang bisa di lakoni baik dari kalangan bawa maupun kalangan menengah ke atas.  Seperti di daerah Bogor yang telah dikunjunginya, ada pengembangan bibit nilam,  yang kemudian di bawahnya untuk di kembangkan.

Walaupun dari keterbatasan sarana seperti tenti room, namun pengembangan bibit nilam ini terus dilakukan, mulai dari pendapatan awal  yakni 100 kg per  hari. Upaya ini pun  tidak hanya sebatas itu, upaya-upaya pun terus dilakukan yaitu pengembangan teknologi. Dalam pengembangan teknologi  di libatkan anak-anak untuk mengikuti pelatihan. Setelah di tunjang teknologi dan  peralatan yang memadai. usaha ini akhirnya menjadi satu komuditi dengan produksi yang berskala besar  dengan berkapasitas 1 ton dalam sehari.

  Selebihnya Yoris mengatakan, dari 1 ton bahan baku dengan kualitas pengelolahan hasilnya bisa mencapai 20 sampai dengan 25 Kilo minyak. Walaupun harga pasarannya sering terjadi flutuasi, artinya walaupun harga minya anjlok, namun para petani selalu tetap pada kelayakan hidup. Hal ini membuat banyak petani lebih merasa prospektif untuk masa depan.

Di samping itu Yoris juga mengatakan, ke depan pihaknya akan memberikan pinjaman uang, kepada petani yang kemudian akan di kembalikan lewat hasil-hasil penjualan nilam. Ini dipastikannya, karena dari 1 hektar tanaman nilam mentah saja, para petani bisa mencapai 40 sampai 60 ton. 

Saat ini pengembangan tanaman nilam, sudah menjamur di  semua desa yang ada di Tobelo Kota maupun Tobelo Selatan, dan Tobelo Barat dan Loloda. bahkan ada beberapa sekolah dengan pengembangan kearifan local  juga sudah mulai mengembangkan tanaman nilam di halaman sekolahnya, seperti di SMP Negeri  Tomahalu dengan luas lahan 2 hektar, akan melakukan panen perdana pada bulan Juli mendatang. Selain untuk menunjang biaya operasinal sekolah tanaman nilam juga mempunyai banyak kegunaan di antaranya obat luka tau gatal, juga bisa untuk pembuatan shampo, sabun mandi, minyak rambu, parfum dan lain-lain. (A4) 

Tidak ada komentar: